Sabtu, 08 Maret 2014

Cara Membuat Random Post di Bawah Postingan Blog

13 komentar
Cara Membuat Random Post di Bawah Postingan Blog

Cara Membuat Random Post di Bawah Postingan Blog - Setelah kemaren sempat saya posting mengenai cara membuat related post di bawah postingan blog, kali ini kita akan belajar membuat random post di bawah postingan blog. Berbeda dengan related post, untuk random post bisa menampilkan semua postingan yang lama maupun yang baru. Itu nilai lebihnya.

Dengan dipasangnya random post ini blog sobat lebih dinamis, memungkinkan untuk postingan-postingan yang lama bisa dibaca oleh pengunjung. Tentunya baik bukan supaya postingan lama sobat tidak tenggelam di dasar sana :D

Namun ada kekurangannya juga loh sobat, dari menu random post ini. Yakni semua kategori jadi campur aduk, sehingga tutorial ini cuman saya sarankan untuk blog yang memiliki satu tema aja, misal tutorial blog semua. Hehe, tapi siapa saja boleh nyobain kok, gak ada yang melarang. ^_^

Oke, langsung saja, untuk tutorialnya silahkan ikuti step-step berikut :
1. Login ke akun blogger sobat
2. Masuk ke menu Template > Edit HTML
3. Kemudian cari kode (gunakan Ctrl+F untuk memudahkan)

<data:post.body/>

 4. Setelah ketemu, copy paste kode bawah ini setelah kode di atas tadi :

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<h3>Baca juga tulisan menarik lainnya</h3>
&lt;script type=&quot;text/javascript&quot;&gt;
var acakarray = new Array();var l=0;var flag;
var numofpost=7; function randomposts(json){
var total = parseInt(json.feed.openSearch$totalResults.$t,10);
for(i=0;i &lt; numofpost;){flag=0;acakarray.length=numofpost;l=Math.floor(Math.random()*total);for(j in acakarray){if(l==acakarray[j]){ flag=1;}}
if(flag==0&amp;&amp;l!=0){acakarray[i++]=l;}}document.write(&#039;&lt;ul&gt;&#039;);
for(n in acakarray){ var p=acakarray[n];var entry=json.feed.entry[p-1];
for(k=0; k &lt; entry.link.length; k++){if(entry.link[k].rel==&#039;alternate&#039;){var item = &quot;&lt;li&gt;&quot; + &quot;&lt;a href=&quot; + entry.link[k].href + &quot;&gt;&quot; + entry.title.$t + &quot;&lt;/a&gt; &lt;/li&gt;&quot;;
document.write(item);}}
}document.write(&#039;&lt;/ul&gt;&#039;);}
&lt;/script&gt;
&lt;script src=&quot;/feeds/posts/default?alt=json-in-script&amp;start-index=1&amp;max-results=1000&amp;callback=randomposts&quot; type=&quot;text/javascript&quot;&gt;&lt;/script&gt;
</b:if>

5. Angka 7 menunjukkan jumlah postingan yang ingin ditampilkan di random post, silahkan atur sesuai selera
6. Selesai sudah, dengan dipasangnya random post ini semoga pageview sobat bisa bertambah. Oke, see next time.

Diposting Oleh : Boeztanoel ~ Blogging, Trik, Tips, Free Software

Sobat sedang membaca artikel tentang Cara Membuat Random Post di Bawah Postingan Blog. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

:: Oplosanblog ! ::

Artikel Terkait



Get this widget [ Here ]

13 Responses so far

  1. saya dulu pasang jg random post, sekarang sy melepasnya karena bikin loading berat, random post kerjanya urutin 1 sampai xn, kalau artikelnya sedikit sepertinya cocok dipasang mas, mungkin hy pengalaman pribadi sj mas

  2. kan bisa disetting itu sob, berapa postingan yang mau ditampilkan :D
    dan kalo punya saya sih pake yang related post --> Cara Membuat Related Post di Blog

  3. FULL INFO says:

    berat banget sob

  4. terima kasih atas infonya

  5. Sudah saya diterapkan di blog saya. btw saya mau nanya nih, cara besarin fontnya sama bikin scroll pada random postnya gimana sob?

    thanks :)

  6. Makasih Infonya Gan Di Di tunggu Kumbalnya Ya :)) :D

  7. sebaiknya pakai random post atau related post yah?

  8. Thanks gan infonya...
    sepertinya nih trik bisa bikin blog jadi tambah menarik.
    jangan lupa kunjung balik ke lapak ane

    Sharing Informasi Terkini

  9. Di coba dulu gan apa berhasil apa enggak :D

  10. Terimakasih buat tutorialnya ini mas, sukses..

  11. Makasih sob untuk tutornya :)
    http://goo.gl/J5c0KI

  12. purnama says:

    udah dicoba, emang bagus tampilannnya tapi loadingya cukup berat.

  13. klo ini nih bukannya popular post ?

Leave a Reply

Berkomentarlah di blog ini dengan cerdas dan sopan :
* Dilarang mencantumkan link aktif, contoh: http://xxx
* Untuk menampilkan emoticon, ketik kodenya, contoh: :D
* Karena banyaknya SPAM, terpaksa kami tampilkan verifikasi kata
Jangan sampai komentar sobat dihapus karena tidak mematuhi aturan!!